PowerPoint dipergunakan untuk membuat program slide/presentasi tertentu yang akan ditampilkan pada proyektor/dengan peralatan lainnya.
Membuka program PowerPoint :
a. Click pada taskbar start, click programs
b. Pada Ms. Office, pilih PowerPoint
Membuka program PowerPoint :
a. Click pada taskbar start, click programs
b. Pada Ms. Office, pilih PowerPoint
I Pendahuluan 1. Title bar/baris judul Berisikan icon, nama program yang dioperasikan & 3 icon pengatur jendela
(maximize/restore, minimize &close)
2. Menu bar/baris menu Berisikan perintah dalam bentuk menu yang ditampilkan dalam keadaan
default
3. Toolbar Ditampilkan dalam bentuk icon/suatu perintah yang ditampilkan dalam bentukgambar Ada 3 toolbar yang ditampilkan :
a. Standard Digunakan menyimpan, membuka file/perintah lainnya dengan cepat
New - Open - Save - Print - Copy - Cut - Paste - Insert Chart - Zoom Control - Undo - Redo
b. Formating Digunakan memformat presentasi/perintah lainnya dengan cepat
Font face - Font size - Bold - Italic - Underline - Left align - Center align - Right align
- Numbering - Bullet - Increase font size - Decrease font size - Animation effect - New slide
- Slide layout - Apply design template
c. Drawing Digunakan membuat suatu gambar/objek pada slide presentasi seperti elips, garis,
kotak & perintah lainnya
Selection tool - Autoshapes - Line tool - Arc tool - Rectangle tool - Elipse tool - Text box
- Insert word art - Insert clip art - Fill color - Line color
II Membuat Presentasi
1. Membuat presentasi dari black side
a. Pada standard toolbar, click icon new
b. Pada task pane akan muncul layout slide yang sudah disediakan oleh PowerPoint, anda
dapat memilih salah satu bentuk layout yang anda inginkan
c. Ulangi langkah tadi sesuai dengan jumlah slide yang anda perlukan
d. Jika sudah click file/tekan CTRL S untuk menyimpan slide anda ke dalam file. File
PowerPoint disimpan dengan ekstensi ppt
2. Membuat presentasi menggunakan template
a. Jika task pane tidak muncul, untuk membuat slide baru, click menu, file, new
b. Pada task pane, pilih from design template maka akan muncul template/pola slide yang
sudah disediakan PowerPoint
c. Untuk memilih salah satu template cukup click template yang anda inginkan
3. Membuat presentasi dengan bantuan wizard
a. Click menu, file, new
b. Pilih from auto content wizard
c. Muncul jendela auto content wizard, click next
d. Pada petunjuk ke-2 anda diminta untuk memilih type presentasi, click next
e. Pilih bentuk presentasi anda, click next
f. Beri judul presentasi anda
g. Jika ingin memasukkan catatan yang akan muncul pada setiap slide, isikan kata/kalimat
pada footer
h. Click finish untuk menampilkan slide presentasi anda, akan muncul layout slide presentasi
anda & petunjuk isiannya
III Bekerja dengan Teks
1. Menambah teks
a. Click pada area yang bertuliskan click to add title/click to add subtitle
2. Mengedit/memformat teks
a. Tandai/blok text yang akan diubah baik warna maupun jenis font
b. Jika sudah, klik menu, format/tekan ALT & huruf O pada keyboard
c. Pilih font, pilih jenis huruf pada font, tentukan warnanya pada font color
d. Click preview untuk melihat perubahan yang terjadi
e. Jika sudah, click ok
f. Untuk mengubah besar/kecil huruf pada teks yang sudah anda buat, seleksi/tandai teks yang
akan diubah
g. Pilih menu, format, change case
IV Bekerja dengan Slide
1. Menambah slide baru
a. Pada formatting toolbar, click new slide
b. Pilih salah satu bentuk slide pada slide layout sesuai dengan yang anda perlukan
2. Mengubah urutan slide
a. Pilih slide yang akan diubah urutannya, gerak ke arah yang anda inginkan
b. Jika slide yang ingin dipindah >1, tekan SHIFT pada keyboard sebelum mengclick slide
yang akan diubah urutannya, gerak ke arah yang sudah anda tentukan
3. Membagi slide dalam 2 teks
a. Pada outlet view, letakkan pointer dimana anda ingin membagi teks ke dalam 2 slide
b. Tekan enter, pada formatting toolbar pilih decrease indent, maka secara otomatis text akan
terbagi dalam 2 slide
4. Menghapus slide
a. Pilih tampilan pada bentuk slide, pilih slide yang akan dihapus, tekan tombol delete pada
keyboard
b. Jika slide yang akan dihapus >1, pilih slide & tekan SHIFT untuk slide yang berurutan/CTRL
untuk pilihan acak, tekan delete
5. Menyembunyikan slide
a. Pada task slide, pilih slide yang akan disembunyikan
b. Pilih slide show, hide slide/click kanan, hide slide. Slide yang disembunyikan ditandai
dengan no. slide dicoret.
6. Menampilkan kembali slide yang disembunyikan
a. Pilih slide yang akan ditampilkan kembali, pilih slide show, pilih hide slide, maka otomatis
slide yang disembunyikan akan ditampilkan
b. Jika anda ingin menampilkan slide yang disembunyikan pada saat presentasi berlangsung,
pada tampilan slide show, klik kanan go to no. slide yang anda inginkan
7. Membuat summary slide (slide yang berisi judul & slide@ lain yang saling berhubungan)
a. Pilih tampilan slide sorter view, pilih slide yang berisi judul@ yang akan anda masukkan ke
dalam summary slide
b. Click summary slide pada toolbar secara otomatis akan muncul slide baru & berisi judul@
slide yang akan anda presentasikan
8. Mengekspor slide ke Word
a. Pilih menu, file, send to Word
b. Muncul dialog web sent to Word, pilih layout yang anda inginkan
c. Jika sudah, click ok
V Bekerja dengan Diagram & Excel
1. Menyisipkan diagram organisasi
a. Click insert, picture, organisasi chart, ketik keterangan, yang anda perlukan
b. Pada click to add teks, teks dalam diagram juga dapat diputar, jika memang diperlukan,
klik object, format, pilih autoshape, sehingga muncul kotak dialog format autoshape, pada
teks box tandai rotasi. Click ok, jika sudah sesuai
c. Anda dapat pula, menyisipkan object baru pada diagram, click object, pada toolbar, click
insert, maka object baru akan dimasukkan dalam diagram. Isikan teks pada object baru,
untuk mengubah bentuk object, pada diagram, click , click draw, pilih change autoshapes,
kemudian pilih
2. Menyisipkan chart
a. Click insert, chart, maka akan muncul chart & table isi chart, untuk mengubah keterangan di
chart, ketik pada table data@ yang ingin anda tampilkan pada chart, secara otomatis, chart
akan terisi & data@ yang tertulis dalam table
b. Jika anda ingin mengganti bentuk chart, click kanan, pilih chart type, pilih bentuk chart,
sesuai keinginan anda & anda dapat melihat contoh tampilannya, pada custom chart
c. Untuk mewarnai batang diagram, click ganda, pada chart, muncul kotak dialog format data
series, dalam kotak format data series, pilih patterns & lakukan pengaturan, pada border,
area, setelah selesai melakukan pengaturan, click ok
3. Mengatur jarak data
a. Click ganda, pada garis sumbu grafik, sehingga akan ditampilkan kotak dialog format axis
b. Dalam kotak dialog, pilih patterns & scale, lakukan pengaturan, pilih auto, biarkan semuanya
secara default, jika sudah, click ok
4. Melengkapi grafik dengan judul
a. Click pada grafik, untuk menyeleksi grafik yang akan diberi judul, click kanan, pilih chart
options, pada tabs title ketikkan
b. Disini anda juga bisa mengatur legend/keterangan diagram, dengan mengclick tabs legend,
jika sudah, click ok
5. Menyisipkan lembar kerja Excel
a. Click insert, object, pilih create new, jika anda ingin membuat lembar kerja baru pada slide
presentasi anda & pilih type yang anda perlukan, pada object type/aktifkan create from file
b. Jika anda sudah mempunyai file Excel yang ingin anda hubungkan, click browse, untuk
mencari lokasi file, aktifkan check point link & click ok
6. Mengatur area kerja dalam PowerPoint
a. Cukup, click pada lembar kerja itu & draft haddle ukuran@, untuk mengatur area kerja
7. Menghubung Excel dengan presentasi
a. Sebelumya, buka file lembar kerja Excel, yang ingin anda hubungkan dengan slide
presentasi anda, seleksi area yang akan dihubungkan, kemudian click copy
b. Berpindahlah pada area kerja PowerPoint, click slide, dimana ingin menempatkan lembar
kerja Excel, pada menu, edit, pilih paste special, pilih paste link, click ok
VI Format Slide & Presentasi
1. Bekerja dengan layout
a. Pilih menu, format, pilih slide layout akan muncul task pane layout pada tampilan
normal/click task slide
b. Pilih slide yang akan diubah layoutnya, pilih salah satu layout pada task pane dengan cara
mengclicknya
2. Bekerja dengan template
a. Click menu, format, slide design/langsung click icon design pada toolbar, muncul task pane
slide design yang mana terdapat pilihan design templates, color schemes, animation
schemes
b. Untuk mengganti background dengan cepat, pilih salah satu design templates, setiap
design templates memiliki panah drop down untuk menentukan apakah template itu
digunakan untuk semua slide, slide tertentu saja, semua file presentasi baru
3. Mewarnai slide
a. Click slide yang ingin anda beri warna, click format, background/cukup click kanan,
background
b. Click panah drop down pada warna, pilih warna sesuai selera anda, click preview untuk
melihat hasil sementara
c. Jika kurang sesuai dengan keinginan anda, pilih kembali pada panel drop down warna &
pilih shading style, yang anda inginkan
d. Click aplly untuk mengaplikasikannya pada slide yang aktif saja/apply all untuk
mengaplikasikannya pada semua file yang sudah anda buat sebelumnya
4. Menyisipkan object
a. Pada toolbar drawing, click tombol autoshapes, yang terletak pada bagian bawah lembar
kerja
b. Pilih object autoshapes, yang anda inginkan, pindahkan mouse pada area kerja, lalu atur
dimana object bangun datar akan diletakkan
c. Jika posisi object tidak sesuai dengan keinginan, pada toolbar drawing, click draw, sorot
pilihan rotate or flip, dalam rotate or flip terdapat pilihan
d. Jika anda menginginkan putaran yang berbeda, cukup tekan SHIFT CTRL & ALT pada
keyboard, geser kursor sampai anda mendapatkan posisi yang anda inginkan
e. Menyisipkan gambar/clip art, pilih menu, insert, picture
f. Disini kita akan mengambil file gambar, atur gambar dengan menggeser@ pointer yang
berbentuk panah bermata 4, letakkan sedemikian rupa, sehingga terlihat lebih menarik
5. Membuat hyperlink (diperlukan untuk menghubungkan slide satu dengan slide lainnya/dengan
presentasi lain) & action button
a. Tentukan teks/object yang akan diberi hyperlink, click icon hyperlink, pada pilihan link to pilih
places in this document
b. Pilih slide dimana slide akan dihubungkan, jika sudah, click ok, teks/object yang diberi
hyperlink ditandai garis bawah & warna yang berbeda, jika sudah di click & jika di dekati
pointer, pointer akan berubah bentuk
c. Untuk menyisipkan action button, pilih slide dimana action button akan diletakkan
d. Pada menu, slide show, pilih action button, pilih action button yang anda perlukan, click pada
slide, atur button agar tampak lebih rapi
e. Pastikan pilihan hyperlink to terisi dengan halaman yang sesuai dengan button yang anda
pilih, jika sudah, click ok
6. Menambahkan file multimedia
a. Tampilkan slide dimana anda ingin menambahkan file musik, pada menu insert, pilih movie
& sounds, click sounds from file
b. Jika file musik berada pada folder tertentu/click sounds from clip organizer untuk memilih
musik yang berada dalam PowerPoint
c. Pilih automatically & untuk menyesuaikan setting, click kanan, pada icon speaker, customs
animation, pada task pane custum animation, tekan panah drop down, effect options, pada
tabs sound, click ok, untuk melihat hasilnya, tekan F5
d. Selanjutnya, click menu, slide show, record narration, muncul kotak dialog record narration,
untuk pengaturan rekaman & waktu rekaman maks
e. click change quality, untuk menentukkan kotak dialog sounds quality, click set microphone
level, untuk menampilkan kotak dialog microphone check, anda dapat mengatur level suara
microphone, dengan cara menggeser slide toolbar
f. setelah selesai, click ok, mulailah merekam suara anda, pada slide yang sedang aktif,
tekan enter, untuk berpindah ke slide berikutnya
g. Begitu seterusnya, sampai diakhir slide & muncul pertanyaan, maka anda pilih save,
jalankan presentasi anda, dengan menekan F5, untuk melihat hasilnya
7. Menambahkan animasi
a. Pilih teks, yang akan diberi animasi, pada slide show, pilih custom animation, maka akan
muncul task pane custom animation
b. Pilih efek sesuai dengan keinginan anda, pada add effect, tekan play, untuk preview/tekan
F5, untuk melihat hasil keseluruhan
c. Click paragraph yang akan diberi animasi, click slide show, custom animation, muncul task
pane custom animation
d. Pilih animasi, pada add effect, click ok
8. Timing (berfungsi mengatur waktu munculnya slide) & slide presentation
a. Pada tampilan normal, pilih slide, yang akan anda atur timingnya
b. Click menu, slide show, slide transition, isikan waktu pada advance slide, pilih apply to all
c. Click pada slide, pilih menu, slide show, slide transition, akan muncul task pane slide
transition, pilih
d. Ulangi 2 langkah tadi, untuk setiap slide setelah anda buat, pilih apply to all
VII Membuat Album Foto
1. Membuat layout & design foto album
a. Click menu, insert, picture, pilih new photo album pada pilihan insert picture form
b. Pilih file foto yang anda ingin masukkan, jika file itu berada dalam salah satu directory
computer anda, maka pilih file/disk & sebaliknya, jika mengambil data dari camera/web
camera, pilih scanner/camera, tapi pastikan terlebih dahulu alat yang anda gunakan
terhubung dengan pc anda
c. Pilih foto yang akan dimasukkan, click insert, click create pada jendela photo album, maka
akan muncul slide baru yang hanya berisi foto@ yang sudah anda masukkan
2. Menambahkan caption (keterangan pada gambar)
a. Click menu, format, and photo album
b. Pada pilihan picture caption, aktifkan caption below all pictures, pastikan pictures layout
bukan fit to side
c. Click update & ketikkan keterangan pada tampilan normal view outlet
3. Mengatur kontras dalam foto album
a. Click menu, format, and photo album, click tombol more contrast/less contrast, click more
brightness/click less brightness
b. Jika sudah, click update
VIII Menjalankan Presentasi
1. Memulai slideshow presentasi
a. Jika anda ingin mulai presentasi di dalam PowerPoint cukup tekan F5/jika anda
menyimpan file presentasi di desktop, klik kanan nama file, pilih show
2. Menyembunyikan & mengubah bentuk pointer
a. Klik kanan, pilih pointer option, pilih hidden
b. Anda juga bisa mengubah bentuk pointer, caranya, klik kanan, pointer option, pilih bentuk
yang anda inginkan/anda juga bisa memilih warna dengan pilihan ink color, untuk
menghapus, pilih eraser
IX Misc
1. Mencetak file
a. Click menu, file, print, hingga muncul kotak dialog print.
b. Pada kotak dialog, pilih slide yang akan dicetak dalam kotak print what
c. Click tombol preview, untuk melihat tampilan cetak
d. Click print untuk kembali ke kotak dialog print
e. Jika sudah, click ok untuk melakukan pencetakan
2. Menyimpan slide dalam bentuk CD
a. Click menu, file, and pilih package for cd sehingga muncul kotak dialog package for cd
b. Pada bagian name the cd ketik presentasi, click tombol option
c. Pilih kotak power point viewer untuk mengaktifkan presentasi tanpa menggunakan program
PowerPoint
d. Pada bagian select how presentation will play in the viewer, pilih play all presentation
automatically in the specified order
e. Click kotak linked files, untuk menyatakan beberapa file yang di link dengan file presentasi
yang akan anda kemas
f. Click kotak embedded true type fonts, untuk menyatakan jenis font yang digunakan pada file
presentasi
g. Pada, password to open each file ketik password untuk membuka file
h. Ketik password pada password modify each file berfungsi untuk menyunting ulang presentasi
i. Click ok, ketik ulang password anda, click ok, untuk kembali ke kotak dialog package for cd
j. Click copy to folder, untuk menyimpan ke dalam hardisk/click copy to cd, untuk menyimpan
dalam cd lain
k. Selanjutnya akan tampil kotak jawab konvermasi, pilih retry untuk memasukkan cd kosong
untuk menyimpan slide presentasi anda
l. Dan pilih cancel, untuk membatalkan penyimpanan, tekan tombol close, untuk menutup kotak
dialog itu
mas mizi numpang copy paste ya?
ReplyDeletethanks tips ms.pwr point na...
ReplyDeleteoy.. disini jga terdapat berbgai mcm ilmu loee..
kunjungi y???
thankz ataz sekelumit ilmunya.....
ReplyDelete